Kamis, 31 Juli 2014

Eksperimen: Tteokbokki, hemm yummy (?)

Ehm,, cuma pengin curcol aja sih,,
Ceritanya gini..Berhubung aku yang dulunya kpopers, sekarang masih drakor lovers (?) pokoknya hal berbau negerinya Lee MinHo gitu,, aku suka, i like them :) Dan selama ini, udah ada niatan pengin nyobain makanan2 khas korsel, apalagi yang namanya tteokbokki alias kue beras pedas khas negeri gingseng itu. Kalo liat di drakor2 itu,, hemm, yummy banget kayaknya, merahnya itu loh,, pedesnya itu loh.. Apalagi aku doyan banget pedes, sekarang masih suka pedes sih, walaupun levelnya udah menurun *halah
Dan berhubung bulan ramadhan kemaren lagi bokek alias ga ada penghasilan dari ortu *uang saku sekolah :p jadi,, aku memutuskan habis lebaran bikinnya, mumpung ada sedikit modal, haha 
Kemaren siang, tepat pukul 12, sepupuku, Nita, dateng jadi aku ajakin sekalian deh dia. Akhirnya kita berdua pergi ke minimarket ujung jalan (katanya nita beli barang2 yang kira2 ga ada di warung dulu).
Cuma dapet cuka, tepung ketan, sama kecap asin. Sebenernya masih ada satu bhan lagi, tapi males beli, hemat pas liat harganya, haha, minyak wijen, ah.. di resep juga bisa pake minyak sayur kok (ngibur diri, wk) Trus, sampe rumah, aku yang tugas ngulek2 sama nyampurin bahan, Nita yang bacain resep sekaligus asistenku (gayane). Aku masukin deh sesuai resep (ini bikin sambelnya dulu alias gochujang). Nah itu kan pake cuka,, masya Allah,, baunya,, berasa lagi praktikum kimia deh -_-. Dan di tahap masukin cuka untuk yang kedua kali (jadi ada dua tahap, tahap pertama juga pake cuka, keduanya juga), Nita pulang, katanya mau ke tempat sodara, aku sendirian, ragu mau masukin cuka lagi ga ke tahap keduanya.. dann.. dengan penuh keraguan itu, aku masukin deh. Aku aduk2, baunyaaaaa... Trus wadah plastiknya (aku pake itu) aku tutup, bungkus 2 lbr koran, diiket, masukin kresek, masukin kulkas.Selanjutnya,, aku ragu,, mau lanjutin ke bikin tteok alias kue berasnya pa engga.. Males juga kalo mau ke warung, terusss.. *eluselusdompet haha
Akhirnya, setelah aku liat ada tepung beras di lemari, aku nekat bikin tteok. Aku ikutin resepnya, masukin 250gr (ga yakin, kurang dikit kayaknya) sama segelas air, direbus sambil di aduk. Trus aku ulenin, ya ampunn,, lengket banget,, sampe aku akalin setiap mau dibentuk lonjong aku tambahin tepung beras lagi. Trus di kukus, lengketnya.. Aku angkat lalu dipotong-potong (masih diakalin pake tepung beras biar ga lengket).Nah, buat masaknya aku ragu. Di resep 1, butuh bakso ikan bla bla bla,, intinya bahannya ga ada, dan aku males beli *eluselusdompetlagi. Resep 2 gampang banget, cuma masih kurang satu bahan yang juga tercantum di resep 1, kecap ikan,, lagi-lagi males beli *eluselusdompethaha
Modal nekat, aku ikutin aja resep 2. Ulek2 bwg putih+merah sama satu cabe rawit biar tambah pedes (kenapa satu? Takutnya ntar menzolimi perut, haha) Trus aku tumis (sesuai resep 2), kasih air segelas (ini sesuai resep 1), kasih kaldu ayam (harusnya  kaldu ikan, hehe), trus aku tambahin 3 sdm gochujang tadi (sesuai resep 1), trus kan gumpal, jadi aku cepet2 masukin tteok yang udah dipotong2,, diaduk2 sebentar, trus aku angkat. dan hasilnya seperti ini..... 



Enak ya?? keliatannya ga kayak aslinya, ga semerah aslinya,, karena aku pake bon cabe bukan bubuk cabe merah *peace
Dan disitu, aku bener2 maksud sama kata "don't judge something about the cover" *benerkagaksih? Nah,, itu...waktu pertama happp,, aku mesti tutup idung sama nahan biar satu potong tteokbokki lolos masuk ke perut.. Asliii,, rasanyaaaaaaaa....Eh, ada Hana, adeku, dia yang masih kelas 2 SD aku jadiin kelinci percobaan, kasar banget,, ehm,, juri mungkin :p Dia langsung merem melek tuh, aduh, makin pesim jadinya... Aku yakinin dia layaknya mba-mba sales yakult, ini enak lho, makanan korea, enak banget kan? Dia cuma ngangguk2 pasrah *cupcup
dan korban selanjutnya,, adeku paling kecil dia masih te-ka, faris (bukan nama samaran). Dia yang lagi asik main, aku panggil suruh merasakan dasyatnya hasil eksperimen itu..
Aku: kepriwe rasane? Enak mbok? (gimana rasanya enak kan?)
Faris: (dia mengunyah-ngunyah, maklum, teksturnya kenyal, hingga) kecut! (hatiku langsung mencelos... -_-) dia langsung kabur.
Oh! rasanya semua dunia mengecil,, atau hanya diriku yang mengecil, menciut (alay deh)
Nah, selanjutnya,  korban yang juga kena hasyutan emba2 sales yakult (hana-red), Rifqi, dia ikutan nyoba,, tapiiii,, apa coba balasan dia setelah beberapa jam aku berkutat dengan resep di dapur, dia keluarkan! dikeluarkan! DO! -_______-
Akhirnya ketiga korbanku lari semua.. (termasuk pasukan kecil sepupuku,, apalagi sepupuku yang masih 1,5 tahun langsung mau nangis nyium baunya,, padahal aku ngga deketin mangkoknya apalagi tteokbokkinya lhoooo,, feeling balita kuat banget kalii yaaa) Dengan mirisnya,, aku makan sepotong demi sepotong sambil terus menahan agar potongan2 itu masuk ke dalam perutku. Si hana nongol lagi, dan sejenak, ada ide.. Aku ambil piring trus aku tuang air panas, aku celupin deh tuh sepotong, aku aduk2 sampe bumbu2nya ga nempel, aku suap Hana dengan hasyutan, haha
kata dia itu enak kawan! enak! lebih enak dari tadi -___- (padahal itu sama aja cuma makan tteok-nya kawan)Tapi,, masih ada aroma cuka, aku akalin dengan mencelupkan tteok itu ke dalam kecap manis.. Aku suapin deh si Faris sama Hana,, mereka sampe rebutan,, trus Rifqi ikutan nyoba,, dia juga nambah..Tapi mereka bertiga hanya sanggup menghabiskan separuh mangkok. Jadi dengan terpaksa aku buang,, iya mubadzir, tapi siapa coba yang mau makan makanan yang masih beraroma cuka yang kuat -___-
Ohh,, kasihan sekali tteokbokki pertamaku :(

pelajaran di sini:
1. Harus mencoba, seenggaknya sekali, makan makanan aslinya.
2. siapkan bhan sesuai resep dengan lengkap
3. Jangan terlalu banyak masukin cuka, kalau tertulis 3 sendok makan, jangan terlalu penuh (seperti aku -___-)
4. Jangan coba menggabungkan 2 resep kalo ngga yakin hasilnya bakal enak
5. Mending makan yang udah ada di penjualnya, entah itu resto asia, resto korea maupun tenda jalanan di Korea langsung (one day maybe, I'll be there ^^)
6. Kalo ngga suka makanan yang ada cukanya, mendingan jangan nyoba bikin, cukup cicipi saja di piring temanmu :p

sekian curhatan panjangku yang gaje abis dan (ngga) penting. next time, mungkin aku mau coba, ramyeon, kan mirip ramen, dan aku udah pernah makan ramen, jadi seenggaknya ada bekal gitu deh, hahaha (next timenya gatau kapan -_-)
Bye.. Annyeong #bow 

Tidak ada komentar:


Kaskus

Only


:ilovekaskus

:iloveindonesia

:kiss

:maho


:najis

:nosara

:marah


:berduka


:malu:

:ngakak

:repost:

:repost2:


:sup2:

:cendolbig

:batabig

:recsel



:takut

:ngacir2:

:shakehand2:

:bingung


:cekpm

:cd

:hammer

:peluk



:toast

:hoax:

:cystg

:dp


:selamat

:thumbup

:2thumbup

:angel


:matabelo


:mewek:

:request

:babyboy:


:babyboy1:

:babymaho

:babyboy2:

:babygirl


:sorry


:kr:

:travel

:nohope


:kimpoi

:ngacir:

:ultah

:salahkamar


:rate5

:cool


:bola


by Pakto


:mewek2:

:rate-5

:supermaho

:4L4Y


:hoax2:


:nyimak

:hotrit

:sungkem


:cektkp

:hope

:Pertamax

:thxmomod


:laper


:siul

:2malu:

:ngintip


:hny

:cendolnya


by misterdarvus


:maintenis:


:maintenis2:

:soccer

:devil


:kr2:

:sunny

Posting Komentar

Menghargai karya orang lain akan mendapat pahala, seperti hal nya mengomentari postingan ini. thx ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Blue Fire Pointer