Senin, 21 Oktober 2013

[RESENSI NOVEL] Soba Ni Iruyo - Yoanaa Dianika



Yuhuuu... Masih dengan postingan resensi yang masih tergolong newbie dan mungkin berantakan. Resensi kedua yang aku pilih selanjutnya adalah tentang novel yang ngga jauh dari novel sebelumnya. Masih termasuk novel yang mengikuti ‘Lomba Novel 30 Hari 30 Buku Bentang Belia’ dan berhasil menyabet juara ketiga. Penasaran? Langsung aja yuk dibaca ^^

[RESENSI NOVEL] Soba Ni Iruyo – Yoana Dianika
Kenangan selalu melekat dalam benak
Oleh Muna Arakida




Judul                                     : Soba Ni Iruyo
Penulis                                 : Yoana Dianika
Penerbit                              : Bentang Belia
Penyunting                        : Dila Maretihaq Sari
Cetakan                               : Pertama, Maret 2012
Tebal                                     : viii + 156 hlm; 19 cm
ISBN                                      : 978-602-9397-19-2

                Saat-saat di mana kita menikmati sebagian puzzle kehidupan kita yang membahagiakan pasti akan terus membekas. Apalagi jika kebahagian itu kita jalani dalam waktu yang sangat lama ketika kita masih kecil. Di mana memori masih belum terisi penuh karena baru memulai tahap awal dalam alur kehidupan kita. Seperti itulah yang dirasakan Mika, gadis Jepang yang menghabiskan masa kecilnya di sebuah desa yang indah bernama Shirakawa.
                Kehidupan yang masih terlalu polos untuknya dipenuhi oleh berbagai peristiwa yang menghiasi torehan kenangannya bersama sahabat masa kecilnya, Takayama bersaudara. Terutama sosok kakak yang sangat disukainya, Kak Kenji. Yang selalu berpihak untuknya saat kedua adik Kenji selalu membuat Mika kesal. Rasa sukanya bahkan melebihi rasa suka terhadap seorang kakak, lebih tepatnya bisa dianggap sebagai cinta monyet Mika.
                Sifat Mika yang ceroboh selalu membuat Kenji memberikan perhatian lebih terhadapnya daripada kedua adik kandungnya sendiri. Apalagi sosok Ren, adik laki-laki Kenji yang seumuran dengannya selalu meledeknya dan terus menguntitnya dengan berbagai macam gangguan. Itulah yang membuat Ayumi, kembaran Ren yang berbeda gender semakin membenci Mika dan menganggap Mika merebut saudara-saudaranya.
                Kehidupan Mika berubah drastis ketika tiba-tiba keluarga Takayama pindah dari Desa Shirakawa tanpa meninggalkan penjelasan apapun kepadanya. Seakan menghilang tanpa bekas. Apalagi malam hari sebelum kepergian keluarga itu ia mendapatkan sesuatu yang membuatnya penasaran hingga kehidupan selanjutnya tanpa adanya Takayama bersaudara.
                Bagaimanakah kehidupan Mika yang berubah drastis itu? Apakah ia sanggup menjalani hidupnya dengan baik tanpa kebersamaannya dengan tiga orang sahabat kecilnya?
                Novel ini menggunakan bahasa yang indah sehingga kita bisa merasakan langsung apa yang tengah dijabarkan oleh penulisnya yang menggunakan sudut pandang orang ketiga serba tahu. Selain itu, bahasa yang  mudah dipahami sangat membuat kita semakin menikmati setiap cerita yang disuguhkan. Penulis menggunakan alur campuran bisa dilihat saat awal cerita. Konflik-konflik yang ditampilkan menarik apalagi kisah persahabatan dan cinta monyet yang penuh teka-teki.
                Banyak sekali amanat yang tersirat dalam novel ini. Termasuk saat Mika memutuskan untuk merelakan cintanya agar persahabatan tetap terjalin. Karena siapa tahu ada seseorang yang telah lama memperhatikan kita tanpa kita sadari.

                PENULIS
Nama                    : Yoana Dianika
TTL                         : 18 Januari
Pendidikan         : Mahasiswi Sastra Jepang, Universitas Airlangga Surabaya
Kesukaan            : Seni dan hal-hal yang berhubungan dengan foto candid
Karya                     : Sudah menyelesaikan sebuah novel tapi aku lupa judulnya, soalnya waktu itu aku hanya sekilas melihat, belum sempat ke toko buku lagi, mungkin bisa di search di mbah google, maaf ya.

                Fiuh, ini baru dua ya? Masih ada beberapa resensi yang pengin banget aku buat. Tapi berhubung hari ini (aku ngetik tanggal 16 Okt ’13) banyak tugas, termasuk Fisika (padahal ngga dikumpulin besok  tapi banyak banget) jadi mungkin hanya akan mengetik beberapa saja diluar rencanaku yang udah diangan-angan sejak pagi ini (16 Okt ’13)
                Dan eperti yang aku tulis sebelumnya, novel ini terbilang sudah tidak ‘terbaru’ tapi ceritanya beneran deh kereeeeen :D Waktu itu aku beli tanggal 6 Okt tahun lalu, wah udah setahun lebih ternyata... Ngga apa-apa deh, ceritanya tetep keren kok.. Dan lagi-lagi aku belinya ngga uptodate banget yah :p
                Ayo cusss lanjut......
                Oya, seperti biasa, mungkin ada yang ingin memberi saran atau kritik? Atau mungkin ada yang mau share tentang judul novel penulis yang terbaru? Maaf, aku terlalu males untuk saat ini, maaf ya... #peace


WRITER: @Muna_Arakida
©2013. All Right Reserved
.
.
DON’T CO-PAST IN OTHER SITE!!!
GO AWAY PLAGIARISM!!!

Tidak ada komentar:


Kaskus

Only


:ilovekaskus

:iloveindonesia

:kiss

:maho


:najis

:nosara

:marah


:berduka


:malu:

:ngakak

:repost:

:repost2:


:sup2:

:cendolbig

:batabig

:recsel



:takut

:ngacir2:

:shakehand2:

:bingung


:cekpm

:cd

:hammer

:peluk



:toast

:hoax:

:cystg

:dp


:selamat

:thumbup

:2thumbup

:angel


:matabelo


:mewek:

:request

:babyboy:


:babyboy1:

:babymaho

:babyboy2:

:babygirl


:sorry


:kr:

:travel

:nohope


:kimpoi

:ngacir:

:ultah

:salahkamar


:rate5

:cool


:bola


by Pakto


:mewek2:

:rate-5

:supermaho

:4L4Y


:hoax2:


:nyimak

:hotrit

:sungkem


:cektkp

:hope

:Pertamax

:thxmomod


:laper


:siul

:2malu:

:ngintip


:hny

:cendolnya


by misterdarvus


:maintenis:


:maintenis2:

:soccer

:devil


:kr2:

:sunny

Posting Komentar

Menghargai karya orang lain akan mendapat pahala, seperti hal nya mengomentari postingan ini. thx ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Blue Fire Pointer