Jumat, 21 September 2012

Cara Mengatasi Jerawat


“Ih,, kamu jerawatan..” suara berat itu berkata tanpa dosa.
“Argghh!!!” si cewe menyentuh kening atasnya Nampak terkejut.
Ya kurang lebih seperti itulah percakapan antara mba punya jerawat sama mas mas yang ngga tau perasaan *uppss..

Maksudku, apa ada cewe yang mau digituin sama cowo? Apalagi bilangnya ngga liyat sikon. Coba deh kalo kamu dibilang gituin sama temen cowomu pas berangkat sekolah dan saat itu dia sedang bersama tiga orang temen cowonya? Itu persis yang dialamiku, huhuhu…

Pagi itu aku si cewe cuek bebek yang bodo amat sama yang namanya ‘jerawat’ baru berangkat sekolah dan tengah berjalan di koridor menuju kelas tercinta. Eh, ditengah perjalanan, tepatnya di depan ruang osis temen cowoku yang inisialnya M menyebut namaku saat aku sudah melewatinya. Dan saat aku berbalik, dia berkata “Ih,, jerawatan..” *gubrakkk!!!

Ibarat di komik tuh ada efek “blush”-nya. Dan dia bilang kayak gitu diakhiri dengan cengengesannya yang ngga bisa mbantuin aku menghilangkan rasa malu yang udah membahana. Gimana ngga, dia lagi bareng tiga orang temennya, dan ketiganya itu adalah temen sekelasku!! *gubrraakkk!!

Aku langsung balikin kepala mau nerusin perjalanan pagiku menuju kelas yang telah dinaikkan urat Maluku. Dan, apa yang terjadi selanjutnya?? Di depan tangga yang mau kulewati,, betengger cowo-cowo yang liyat akunya tuh ‘gitu banget’!! Dan tau ngga, jarak antara kejadian ‘memalukan’ itu dengan cowo-cowo itu Cuma satu-dua meter-an. *gubbrrakkkk!!!!!!!!!!!  #doubleblush

Dan akhirnya aku sampai di kelas dengan menahan urat malu-ku yang udah kelewatan batas. Tapi, di kelas, aku tetap marasakan malu yang sangat. Apalagi membayangkan 3 orang temen sekelasku itu ngeliyat aku.

Dan aku sungguh sangat tidak menyesal sekarang, karna dengan adanya kejadian memalukan itu, aku akhirnya tidak men-cuek-an diri dengan yang namanya ‘jerawat’. #putyourhands

Oke, tema kita kali ini yaitu permukaan benjol kecil yang terkadang muncul diatas permukaan kulit wajah kita dikarenakan banyaknya minyak dan kotoran yang bercampur dan mengendap lalu menghambat pori-pori wajah kita. Tapi, hal tersebut juga bisa disebabkan oleh hormone yang berlebih. Dan juga bisa disebabkan karena genetic atau keturunan.

Eits, jangan resah,, aku bakal kasih beberapa tips untuk mengatasi jerawat yang mengganggu penampilan kita itu. Yuk, kita mulai…

*   Cuci muka. Ini dia yang terpenting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan  wajah kita. Dengan membasuh wajah, akan menimbulkan efek kesegaran pada sel-sel kulit wajah kita. Lakukanlah ketika kita merasa letih. Bahkan jika dilakukan sesering mungkin, wajah kita akan terlihat semakin segar. Dan kita juga akan semakin rileks melakukan kegiatan kita. Saat sebelum tidur, kita juga dianjurkan untuk membasuh wajah. Mungkin ada yang terbiasa dengan sabun cuci muka, silakan saja. Tapi, bagi yang tidak terbiasa dengan sabun muka, cukup membasuh dengan air saja.

*   Pembersih wajah. Ini juga penting. Beli saja yang cocok dengan kulit wajah kita. Tidak usah yang mahal-mahal. Yang penting tidak membuat iritasi atau perih pada kulit wajah kita. Bukan promosi yah, kalau aku pakai Viva Bengkoang, tapi tidak menggunakan penyegarnya melainkan membasuhnya dengan air. Karna menurutku, itu lebih menyegarkan.

*   Bedak dingin. Semacam masker gitu, tapi tradisional. Cara memakainya, ambil sebutir bedak dingin, lumatkan dengan air, oleskan merata pada wajah. Tunggu hingga kering, basuh muka hingga bersih. Jangan lap wajah kita dengan handuk, biarkan saja mengering sendiri. Bisa dipakai setelah mandi dan menjelang tidur.

*   Jebuk sari. Semacam masker juga seperti bedak dingin. Bedanya pada komposisinya dan warnanya. Kalau bedak dingin itu warna putih, berbeda dengan jebuk sari yang berwarna kuning kecoklatan. Cara pemakaiannya sama. Bedanya jika bedak dingin melumatkan satu butir, kalau jebuk sari setengah butir sudah cukup karna bentuknya yang lebih besar. Aku baru mencoba menggunakan ini, tapi hasilnya cukup memuaskan. Asalkan kita teratur menggunakannya, hasilnya akan memuaskan.

*   Air kelapa. Banyak yang belum tau tentang yang satu ini. Air yang satu ini selain bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi bisa juga loh untuk mengatasi jerawat. Caranya, cukup mencuci muka dengan air kelapa setiap hari dengan teratur. Selain jerawat, bisa juga mengatasi masalah wajah lainnya, seperti mengatasi noda-noda hitam, kerutan pada wajah, kulit kering dan wajah Nampak berseri. (cr: zilzaal)

*   Hindari pemakaian make up yang berlebihan. Sebagian wanita beranggapan make up adalah hal yang tidak boleh absen dari penampilan. Tapi, ingat juga, pemakaian make up yang terlalu sering dan berlebihan dapat menimbulkan jerawat atau masalah kulit wajah lainnya. Apalagi kalau malas membersihkan sisa make up. Jangan harap wajah akan terhindar dari jerawat. Oleh karena itu, usahakan tidak menggunakan make up secara berlebihan apalagi jika tidak cocok dengan kulit wajah. Dan yang terpenting menjaga kebersihan wajah. Kalau untuk anak sekolahan sepertiku, cukuplah dengan menggunakan pelembab dan bedak tipis, lebih baik bedak bayi seperti yang kugunakan.

*   Krim zaitun. Aku juga pernah menggunakan krim zaitun. Hasilnya lumayan. Tapi, memang kita harus teratur memakainya. Cara pemakaiannya, oleskan pada wajah seperti menggunakan krim wajah biasa. Ratakan dan pijat secara perlahan. Arah pijatan diupayakan kearah atas, karna untuk mengencangkan kulit wajah, lalu diamkan. Selanjutnya, basuh wajah dengan air hangat. Bisa digunakan sebelum mandi dan menjelang tidur.

*   Zulu. Semacam krim wajah yang berwarna hijau. Teksturnya lengket karna terbuat dari madu dan campuran lainnya. Cara pemakaiannya, ambil zulu kurang lebih dua colekan taruh diatas piring kecil. Campurkan dengan sedikit minyak zaitun hingga tercampur rata. Oleskan pada wajah secara merata. Biarkan hingga kering. Basuh dengan air hangat. Ingat! Warna zulu akan berubah saat kering.

*   Hindari makanan yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Makanan yang aku tau bisa memicu munculnya jerawat seperti kacang dan coklat. Tapi, mungkin masih ada makanan lain selain yang tadi disebutkan. Mungkin sobat arakida bisa menambahkan? Dan kalau salah satu diantara dua makanan yang tadi disebutkan ada yang salah, tolong dibenarkan. Karna aku belum sempat mencari lagi info tentang makanan yang bisa menimbulkan jerawat.

*   Jangan mengeringkan wajah dengan handuk. Pernah aku membaca sebuah artikel mengenai jerawat di sebuah surat kabar lokal yang aku lupa namanya. Dikatakan di sana, jangan mengeringkan wajah dengan handuk. Karna permukaan handuk bisa menyebabkan wajah kita yang semula telah bersih manjadi kotor akibat debu yang terdapat pada  handuk. Biarkan saja mengering dengan sendirinya.

*   Hindari rambut yang meneyntuh permukaan kulit wajah. Masih pada artikel surat kabar lokal yang pernah kubaca itu. Disebutkan di sana, hindarkan helaian rambut menyentuh permukaan kulit wajah. Karena kotoran yang mungkin tersangkut pada rambut bisa berpindah ke atas permukaan wajah.

Nah, mungkin hanya beberapa yang bisa aku ulas kali ini mengenai ‘Tips Mengatasi Jerawat’. Dan tips-tips diatas tadi adalah hasil observasi langsung dalam hidupku. Jadi, semoga bisa bermanfaat bagi sobat Arakida sekalian. Jika masih ada yang mengganjal dan ingin ditanyakan, silakan ditanyakan saja melalui komentar. Tapi, maaf kalau mungkin terlambat membalasnya. Kritik dan saran yang membangun selalu kutunggu. Terima kasih semuanya…

Written@Arakida on My Heart’s Content


DON’T COPAS this article on other site not with my permission!!
If you want, PLEASE WITH FULL CREDIT!!!




Tidak ada komentar:


Kaskus

Only


:ilovekaskus

:iloveindonesia

:kiss

:maho


:najis

:nosara

:marah


:berduka


:malu:

:ngakak

:repost:

:repost2:


:sup2:

:cendolbig

:batabig

:recsel



:takut

:ngacir2:

:shakehand2:

:bingung


:cekpm

:cd

:hammer

:peluk



:toast

:hoax:

:cystg

:dp


:selamat

:thumbup

:2thumbup

:angel


:matabelo


:mewek:

:request

:babyboy:


:babyboy1:

:babymaho

:babyboy2:

:babygirl


:sorry


:kr:

:travel

:nohope


:kimpoi

:ngacir:

:ultah

:salahkamar


:rate5

:cool


:bola


by Pakto


:mewek2:

:rate-5

:supermaho

:4L4Y


:hoax2:


:nyimak

:hotrit

:sungkem


:cektkp

:hope

:Pertamax

:thxmomod


:laper


:siul

:2malu:

:ngintip


:hny

:cendolnya


by misterdarvus


:maintenis:


:maintenis2:

:soccer

:devil


:kr2:

:sunny

Posting Komentar

Menghargai karya orang lain akan mendapat pahala, seperti hal nya mengomentari postingan ini. thx ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Blue Fire Pointer