Kamis, 17 Oktober 2013

[RESENSI NOVEL] Looking for Mr. Kim - Aida MA



                Beranjak ke resensi ketiga. Masih sama seperti dua novel sebelumnya, novel ini termasuk naskah pilihan dari ‘Lomba Novel 30 Hari 30 buku’. Karena novel pertamaku tentang lomba ini (Soba Ni Iruyo-red), aku jadi ketagihan nyari novel yang berlabel sama. Setelah novel ketiga pencarian tentang event itu yang dibuat resensinya juga (Wonderfully Stupid) setelah ini, akhirnya aku mendapatkan novel yang mengambil latar di sebuah negeri yang sangat ingin kukunjungi, kapan yah..
                Itulah alasan kenapa aku memilih mengoleksi novel ini selain karena event tersebut. Ya, Korea. Negara yang berhasil membuatku berlatih hangul (huruf Korea) otodidak walaupun sampai saat ini masih belum mengerti kaidah-kaidah yang sebenarnya. Negara yang berhasil menyebarkan Korean Wave ke seluruh penjuru dunia tak terkecuali tanah air beta yang tahun kemarin juga sempat heboh dengan demam Korea.
                Ketertarikan yang berawal dari drama-dramanya yang sangat jauh berbeda dengan sinetron Indonesia. Bukan bermaksud menjelekkan karya anak bangsa, tetapi aku lebih suka dengan cerita yang tidak terlalu banyak episode dan ceritanya yang unik serta pengambilan gambar yang setingkat dengan pembuatan film, membuatku terus uptodate tentang berbagai macam drama pada tahun 2011. Bukan saat itu aku baru mengenal drakor (drama Korea-red) sudah lama sebenarnya, tapi karena pada tahun itu aku yang notabene-nya siswi sekolah menengah pertama yang tengah menghabiskan masa libur berkepanjangan setelah kelulusan aku lebih mempunyai banyak waktu daripada tahun-tahun sebelum itu.
                Oleh karena itu aku memilih novel ini. Lihat aja sampulnya, hangulnya udah bertebaran, hehe... Baiklah saatnya membaca resensi.....



[RESENSI NOVEL] Looking for Mr. Kim – Aida M.A.
Mencari masa lalu
Oleh Muna Arakida
                            

Judul                                     : Looking for Mr. Kim
Penulis                                 : Aida M.A.
Penerbit                              : Bentang Belia
Penyunting                        : Ardelia Karisa & Dila Maretihaq Sari
Cetakan                               : Pertama, Juni 2012
Tebal                                     : viii + 144 hlm; 19 cm
ISBN                                      : 978-602-9397-28-4

                Masa lalu biarlah masa lalu, seperti itulah lirik sebuah lagu. Masa lalu cukup dikenang sebagai kenangan yang indah atau sebagai guru hidup dalam alur kehidupan kita di masa sekarang dan yang akan datang. Tapi tak cukup itu saja bagi Wika, gadis berusia 16 tahun yang nekat berpetualang seorang diri demi masa lalu seseorang.
                Saat orang-orang merayakan pergantian tahun dengan teman, kerabat atau bahkan tambatan hatinya, ia justru terkurung dalam kebutaannya tentang negeri gingseng. Jauh dengan keluarga diusianya yang bahkmasih belia, ia rela menghabiskan malam tahun barunya di tengah orang-orang yang entah mengucapkan apa.
                Hanya bermodal uang tabungannya dan sebuah clue yang pasti akan sangat susah dicari di sebuah negara. Mr. Kim, hanya itu yang ia tahu. Tapi tak menghentikan tekatnya yang sudah terbang jauh dari kampung halamannya yang mempunyai perbedaan waktu dua jam. Walaupun ia sendiri sebenarnya takut, jelas saja, ia bahkan belum mempunyai KTP, tekatnya yang kuat mempertemukannya dengan seorang lelaki yang membuatnya tak sendiri di negeri orang. Setidaknya ia masih bisa berkomunikasi dengan bahasa ibu pertiwi.
                Cinta timbul karena terlalu sering menghabiskan waktu bersama, seperti itulah yang dirasakan gadis itu. Petualangannya bersama seseorang yang menyita perhatiannya membuatnya sedikit menyampingkan tujuan utama kepergiannya. Kebaikan lelaki itu membuat hatinya luluh, membuatnya yang berbicara kasar saat pertemuan pertama mereka terus memikirkan rupa lelaki itu.
                Dapatkah ia menemukan tujuan utama pelariannya ke Korea seorang diri? Sebenarnya masa lalu apa yang dicarinya hingga membuatnya melakukan hal yang sedemikian nekat? Dan siapakah sosok lelaki yang mencairkan hatinya itu?
                Cerita yang dipaparkan penuh dengan teka-teki karena menggunakan alu campuran. Penulis menggunakan sudut pandang orang ketiga serba tahu. Ia juga menggunakan beberapa Bahasa Korea dalam ceritanya, termasuk beberapa lirik lagu dari sebuah soudtrack drama Korea yang sempat booming pada tahun 2010, termasuk di Indonesia sendiri. Cerita yang susah ditebak akhirnya sangat membuat pembaca geregetan sendiri (termasuk aku :D)

                PENULIS
Nama                    : Aida M.A.
TTL                         : Tanah Rencong, NAD, -
Karya                     : Buku Berbagi Hati , Kereta Terakhir, dan beberapa antologinya
Facebook            : Aida Maslamah A

                Bagaimana? Menarik bukan? Apalagi kalau kamu mengaku Korean Lovers, kamu bakal berpetualang dalam cerita ini. Kenapa? Ya jelas aja, udah baca di atas tadi, kan, kalo si tokoh utama lagi jalan-jalan (kabur-red) di tanah kelahiran Lee MinHo. Kamu serasa jalan-jalan beneran di sana deh.. Kapan lagi bisa jalan-jalan ke Korea gratis gini, hahaha...
                Sebenernya waktu itu aku juga nemu novel yang masih ikut event itu tentang Korea juga apalagi tentang SHINee! >,< Siapa SHINee? Salah satu boyband yang kece badaiiii #lebay Sayangnya temenku itu pinjem dari temennya yang pinjem dari temennya #nahlo Trus waktu dia udah selese baca dan aku mau pinjem udah dikembaliin ke yang punya yang aku gatau itu siapa -_-
                Ada yang tahu itu novel judulnya apa? Atau ada yang mau ngasih tahu link resensinya? Atau bahkan bikin resensinya? Ayo share di kolom komentar ^^ Yang mau ngasih kritik sama saran aku terima kok.. Asalkan bahasanya yang sopan ya. Buktikan kalo orang-orang Indonesia itu memang sopan dan saling menghargai =)


WRITER: @Muna_Arakida
©2013. All Right Reserved
.
.
DON’T CO-PAST IN OTHER SITE!!!
GO AWAY PLAGIARISM!!!

Tidak ada komentar:


Kaskus

Only


:ilovekaskus

:iloveindonesia

:kiss

:maho


:najis

:nosara

:marah


:berduka


:malu:

:ngakak

:repost:

:repost2:


:sup2:

:cendolbig

:batabig

:recsel



:takut

:ngacir2:

:shakehand2:

:bingung


:cekpm

:cd

:hammer

:peluk



:toast

:hoax:

:cystg

:dp


:selamat

:thumbup

:2thumbup

:angel


:matabelo


:mewek:

:request

:babyboy:


:babyboy1:

:babymaho

:babyboy2:

:babygirl


:sorry


:kr:

:travel

:nohope


:kimpoi

:ngacir:

:ultah

:salahkamar


:rate5

:cool


:bola


by Pakto


:mewek2:

:rate-5

:supermaho

:4L4Y


:hoax2:


:nyimak

:hotrit

:sungkem


:cektkp

:hope

:Pertamax

:thxmomod


:laper


:siul

:2malu:

:ngintip


:hny

:cendolnya


by misterdarvus


:maintenis:


:maintenis2:

:soccer

:devil


:kr2:

:sunny

Posting Komentar

Menghargai karya orang lain akan mendapat pahala, seperti hal nya mengomentari postingan ini. thx ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Blue Fire Pointer